Pages

Selasa, 22 Mei 2012

Tragedi Gladi Bersih



Hay semua.. udah lama gag ngepost kali ini aku mau ngepostin cerpen aku.. Sebenernya sih ini tugas dari gur B.Indo tapi dari pada udah begadang, berjemur, bertapa bikin nih cerpen kok malah cuman disimpen diri mending aku post aja buat kalian nik mati.. yuk mari :) 

Tragedi Gladi Bersih

To: Tata +6287833xxxxx
Ta, besok lusa suruh bawa apaan?

Biiip....

From: Tata +6287833xxxxx
Aqua mineral (2), roti strobery yang 500 (2), baju hijau army, baju putih polos, name tag yang kemaren itu loh, suruh bikin dasi juga per banjar warnanya beda. Emang loe gag punya catetan? Liat gih sono!

To :  Tata +6287833xxxxx
Idih nanya aja pelit. Iye iye ntar gue liat catetan gue.

Biip..

From: Tata +6287833xxxxx
Ya udah selamat sibuk-sibuk ria yah.. gue mah dah beres. Hahaha

To: Tata +6287833xxxxx
Uh, pamer loe! Bantuin gue juga dong!

Biip...



From: Tata +6287833xxxxx
Ogah,, kerjain aja sono.

To: Tata +6287833xxxxx
Ngok -____-

Biip..
Dasar ini anak udah 4 tahun masih aja gag berubah-berubah buat ngeresein gue! Tapi justru hal itulah yang membuat kita itu bersahabat hingga kini.
Aku bergegas ke kamar membuka buku catetan daftar yang harus dibawa besok saat Gladi Bersih.
“Ini daftar bawaannya? Ampun dah banyak amat! Udah kayak daftar belanjaan mak gue ini mah!” teriakku.
Rasanya melihat tulisan seperti itu udah membuat jantung gue dar dir dor. Bukan karna lagi jatuh cinta. Tapi karna takut kalo ampe gue gag bawa semua itu, bisa mati digantung sama senior. Ingin banget saat ini aku kibarkan baju putih gue, menyerah akan hal ini.
“Someone please help me! Pangeran berkuda putih, megalomen, sinchan, detektif conan, ibu peri , semuanya tolooong aku!!” rengekku.
Satu jam gue menggalau mau ngapain, akhirnya “Viola!” gue ketemu ide. Mending gue sms ke temen-temen yang lain aja.

To : Dindin +6281211xxxxx
Din udah nyiapin buat GB (baca: Gladi Bersih) besok?

Biip..

From: Dindin +6281211xxxxx
Udah,, kenapa loe belum?

To : Dindin +6281211xxxxx
Idih.. kok tahu, tolongin dong ini dasinya gmana? Bajunya gmana? Gue gag punya baju amri!
Helpp please!

Biip..

From: Dindin +6281211xxxxx
Elo mah kebiasaan bukannya dasinya itu yang bikin gue. Ntar sebanjar tinggal ganti uangnya aja! Gampang kan? Makanya pas diskusi dengerin! Masalah baju nya tanya gih sama si Marsya. Dia kemaren dapet baju army tapi lengen pendek!
To: Dindin +6281211xxxxx
Really? Oh thanks banget ibu periku! Ya.. ya.. ya.. ntar gue tanya besok pas disekolah. Big thanks buat kamu yah muaaahh!

Biip..

“OMG! Akhirnya ada juga dewa penyelamat buat gue! Hahaha sekarang tinggal beresin yang lain ini.”
Gue pun bergegas ke supermarket membeli peralatan buat besok lusa. Dan mempersiapkan semuanya untuk besok lusa.
“Ngapain kamu grace? Sibuk banget,” tanya mama.
“Ini ma, ada tugas dari senior buat besok lusa. Disuruh bikin name tag sama beli makanan ini,” jawabku.
“Ada-ada aja seniormu itu,” sahut ibuku.
“Iya tau ni ma. Oiya ma, besok lusa juga suruh bawa nasi pake oseng-oseng tempe ama telor mata sapi, harus pake daun pisang diatas kertas minyaknya, ama diiket pake karet merah, bikinnya 2 ma. Bantuin ya?” bujukku sambil kedip-kedip mata gag jelas.
“Ngapain kamu kedip-kedip? Iya-iya mama bantuin besok.”
“Iyeey!” teriakku.
“Jangan teriak-teriak. Kayak di hutan aja,” ledek mamaku.
“Iya iya,” jawabku sambil melanjutkan membuat name tag.

Keesokan harinya.
“Terereeeet toreet,” suara alarm berbunyi.
Biasanya kumatikan alarm itu dan kembali lagi berkutat dengan selimut merah kesayanganku. Tapi tidak untuk kali ini.
“Tumben bangun pagi,” ledek mamaku.
“ih.. si mama, bangun pagi salah, kesiangan salah, maunya apa sih?”
“Apa aja boleeh!” ledeknya sambil masuk ke kamar mandi.

Begitulah mamaku, walau dia cerewet dan terkadang menyebalkan, dia juga memiliki humor yang lumayan tinggi. Dan semua itu benar-benar diturunan kepadaku, anak semata wayangnya.
“Ma, Pa, aku berangkat yah,”
“Eh.. helmnya mana?” tanya mamaku.
“Oh iya,” jawabku langsung berlari kembali kedalam rumah.
Bisa dibilang aku ini orang yang pelupaan. Mulai dari kunci motor, jaket, jas almamater, tak pernah luput dari yang namanya ketinggalan. Tapi satu yang aku heran hanya HP yang seumur hidupku tak pernah kulupakan apa lagi ketinggalan. Hahaha
“Sya!” teriakku.
“Apa Ge?” tanyanya.
“Loe punya baju army gag?” tanyaku.
“Lengan pendek? Punya! Ni gue bawa,” jawabnya membuat hatiku lega.
“Pinjem ya,” bujukku.
“Iya,” jawabnya.
“Makasih,” jawabku riang.

Akhirnya semuanya sudah beres hingga saat malamnya finishing and checking.
“Aqua 2, check, roti, check, baju army, check, name tag, check, dasi, check, topi, check, rok, check, nasi.. mana nasi?”
“Ma jangan lupa nasinya besok pagi ya!” teriakku dari kamar.
“Iya!”
“Oke sudah beres semua tinggal tidur,” langsung kubantingkan badan ke kasur.

Keesokan harinya.
“Ma nasinya mana?” tanyaku.
“Itu tuh,” tunjuknya.
“G.. berarti kamu gag gereja?” tanya mama.
“Nggak!” jawabku sambil geleng-geleng.
“Pulang jam berapa?” tanya mama.
“Paling sore,” jawabku sambil menyalimi tangan ibuku.
“Berangkat ya ma!”
“Hati-hati,” jawab mamaku.

Bukan 2 jam, bukan 1 jam, tapi hanya 30 menit saja aku telah sampai ke sekolah (baca dengan nada ala denny di CP). Kulihat belum ada orang sama sekali. Akhirnya, aku menunggu disana. Saat itu aku sudah layaknya seorang penumpang yang menunggu bis kota yang jalannya super duper lelet, bahkan lebih lelet dari getek. Laaamaaa! (baca dengan nada iklan Smart). Hingga akhirnya mereka datang dan acara dimulai.
“Oke silahkan kalian berkumpul di kelas yang sudah ditentukan kemarin,” kata seniorku.
Saat itu aku kebagian kelas X5. Saat didalam kelas, kami disuruh mengeluarkan barang-barang yang dibawa.
“What? Name tag gue mana??”
“Duh mati gue.”
“Loe kenapa, G?” tanya temanku yang sudah mengerti gelagat kepanikanku.
“Name tag gue ilang, padahal kemaren dah gue masukin kok!” jawab gue cemas sambil mengobrak-abrik isi tas gue.
“Coba cari lagi. Mungkin ketelingsut (keselip/ketutupan)” jawabnya menenangkanku.
“Udah, tapi gag ada,” jawabku semakin gundah dulana risau melanda.
“Sini gue liat,” jawabnya sambil menobrak-abrik tasku seperti polisi yang menggeledah tas tersangka.
“Ini apaan?” ditunjukkanya name tagku.
“Hehehe.. oh iya ya,” jawabku sambil garuk-garuk kepala bak monyet yang ketauan mencuri pisang.
“Makanya cari dulu.. Gau usah panik,” jawabnya meninggalkanku kembali ke bangkunya.
“Makasih ya,” jawabku meringis malu.
“Oke adik-adik kalian sekarang berkumpul dilapangan,” kata senior.

Kami bergegas ke bawah, menuruni tangga dan menyalami setiap senior dengan kata “Permisi kak!” saat kami berpapasan dengannya.
“Sekarang kalian berbaris seperti biasa,” suruh seniorku.
“Oke setelah itu kalian tutup mata kalian!” suruhnya lagi.
Wah.. wah.. wah.. Sepertinya ada gelagat lain nih. Sepertinya ada udang dibalik batu, ada cabe didalam tahu. Ada sesuatu yang disembunyikan.
“Gag boleh ngintip yah! Kalo ngintip keluar 3 seri” (1 seri: 10 kali push up) teriaknya dengan tegas.
Aduh kok muka gue dingin? Ini ditempel apaan. Yang ini juga kok baunya gag enak?
“Oke sekarang boleh buka matanya!”
Saat gue buka mata dan menengok teman yang lain, rasanya suara ketawa sudah membahana karna melihat muka kami yang jeleknya sudah melebihi hantu Incidious.
“Ngapain ketawa?” bentak senior.
Sontak kami diam.
“Sekarang kalian berjalan menuju pos-pos yang sudah kita siapkan. Setiap ketemu dengan orang yang lewat kalian haru mengatakan ‘Derek langkung pak/ibu’. Mengerti?”
“Siap mengerti!” jawab kami tegas.
Kami pun diberangkatkan dengan didampingi 2 senor untuk mengawasi kami agar kami tidak ngobrol dan menjalankan tugas tadi.
“Nderek langkung pak!” ucap kami saat menemui seorang tukang cendol.
“Nggih,” jawabnya.
Mungkin yang satu ini lumayan sopan, kalo yang lain ada juga yang menjawab. ‘Aduh mbak wajahnya cantik banget!’ rasanya itu fitnah banget melebihi makjleeb kalo dibilang. Ada juga anak kecil yang takut dengan kami karna dandanan ini. Dan kebanyakan mereka tertawa melihat kami.
Saat itu rasanya kami lebih tenar dari Trio macan yang dengan lagunya ‘Iwak Peyek’. Karena kenapa? Setiap ketemu kami ada saja yang memfoto kami. Kayaknya perlu juga ditulis ‘1 Foto 5000’. Lumayan buat jajan. Hahaha..
Pos dan pos kami lalui. Tapi dalam setiap perjalanan gue terus aja bersenam muka untuk meruntuhkan tepung-tepung yang ada di muka gue. Dangerakan senam wajah itu membuat yang lain pada ketawa.
“G. loe ngapain?” tanya temanku.
“Ini nih lengket abis.. Risih banget tau,” jawabku.
Dan sampai pada pos akhir, terlihat sudah semuanya melakukan senam muka yang tadi kulakukan dan mengopek (baca: mengupas) tepung-tepung itu dari wajah-wajah cantik dan tampan kami. (hoeek, muntah berjamaah).
Kami pun melanjutkan ke pos selanjutnya.
“Sekarang kalian ishoma dulu. Setelah itu kita makan bersama. Mengerti?” perintah senior.
“Siap mengerti,” jawab kami tegas (lagi).
What? Isoma? Berarti boleh cuci muka dong? Hahaha. Saat itu kami pun rebutan ke kamar mandi untuk mencuci muka. Saat itu kami seperti anak ayam yang rebutan minta makan.
“Woy gue dulu,” teriak salah satu temanku.
“Apaan loe gue duluan,” jawab temanku yang satu lagi.
“Woy.. ngapain deh kalian tuh. Mending kalian berantem dulu gih. Sekarang giliran gue cuci muka,” jawabku langsung mengambil gayung dan mencuci mukaku.
“Wee.. enak aja,” direbutnya lagi gayung itu. Padahal gue belum selesai cobaaak?

Selesai isoma dan makan, kami kembali disuruh berbaris dan kembali lagi disuruh tutup mata, dan kembali lagi.. , dan kembali lagi.. , dan kembali lagi.. (pembaca: “Woy udah berhenti!”). Bau-baunya mau ditempelin lagi deh ni muka. Dan ternyata benar. Kayaknya gue perlu dapet piala deh soal nebak hal-hal kayak begini.
“Omegat! Udah capek-capek dibersihin, kalian tambahin lagi? Sungguh teganya dirimu teganyaaaa pada diriku (nyanyi),” dalam batinku.
Setelah itu, yang kami lakukan tetap sama. Nderek langung yang dibalas dengan tawa dan foto-foto sedikit bak orgil, lalu jalan hingga kembali kesekolah. Rasanya saat sudah sampai disekolah tuh seperti naik lumba-lumba akrobatis menuju rasi bintang paling romantis.. tis.. tiss..
Setelah semuanya ini selesai dan aku pun pulang. Aku langsung ke kamar menemui gitar kesayanganu dan menyanyikan satu lagu ‘Anggur Merah’ milik Meggy Z. Yah naluri dangdut ku keluar.
“Anggur  merah yang selalu memabukkan diri ku anggap belum seberapaaaa... Dahsyatnya..” Tiba tiba aku berhenti.
Teringat dengan kejadian tadi aku berpikir.
“Oalah.. ternyata ada gunanya juga yang tadi itu. Selain membuat wajah kita mulus, ternyata kita dilatih menjadi artis dadakan, soalnya dari tadi kita di foto terus,” gumamku.. (maaf pembaca untuk yang satu ini ngawur berat)
(Yang benar yang ini) “Tadi itu aku ingat kata-kata dari salah satu pendamping, katanya ini dilakukan untuk melatih mental kita agar gag gampang keot sama sindiran dan ejekan orang lain,” gumamku.
Nah begitulah pemirsa.. eh pembaca. Kita itu harus melihat sesuatu bukan hanya dari sisi negatifnya. Walaupun semua ini sungguh membuat hatiku terluka (baca dengan tersedu-sedu). Tapi dari semua ini ada sisi positifnya juga kan? Yaitu, untuk menggemblengkan hatiku mental kita. Oke terimakasih. Sampai ketemu lagi dalam episode cerpen lainnya .. Caw!

Salam Kuper!


Grace   





Tidak ada komentar:

Posting Komentar