Pages

Jumat, 13 April 2012

Keep Your Memory Power

"Besok ulangan ? What? Malam ini harus belajar deh.. bela-belain begadang biar nilainya bagus!"
Nah.. ini nih yang biasa dilakukan para pelajar! Saat tahu kalo ada ulangan belajarnya pas malem mau ulangan. Begadang baca materi trus pas besoknya nggak bisa inget materi yang udah dibaca.. Gaswat banget kan?
Sebenarnya, duduk membaca seluruh materi dalam waktu semalaman tuh  bukan cara belajar yang tepat buat menghadapi ujian. Studying for a test just by reading over the information one time will give you a retention rate of only about 20 percent, no matter how smart you are. Nah gmana caranya biar kita siap menghadapi ulangan? Ya harus belajar jauh-jauh hari .. 

Tapi, terkadang selain karena cara belajar kita yang baik.. untuk menunjang kesuksesan kita dalam menghadapi ujian itu adalah keefektifan daya ingat.. Mau tau cara mendongkrak daya ingatmu?

Cekedot ~


1. Relax and Calm

Sebelum menghafal materi, tenangkan diri sejenak. Lupain sebentar hal-hal yang memenuhi otak kayak masalah ama pacar, hutang yang belom lunas, masalah ama bonyok, lupakan semua! Susah? Kalo susah bisa juga dengan cara memejamkan mata dan tarik nafas dalam-dalam. Soalnya ingatan itu tuh bisa lebih lama tersimpan dalam otak ketika kita santai..

2. Repetition



Mengulang-ulang adalah cara yang paling mujarab buat menanamkan materi yang susah nyantol diotak... Caranya kalian bisa menuliskan kembali materi yang baru dibaca , mengucapkannya secara keras, atau kalian rekam suara itu tadi trus didenger lagi deh . Semakin diulang, semakin tersimpan pula ingatan itu dalam jangka panjang.

3. Use Acronyms 

Penggunaan huruf pertama sebagai pengingat terkadang juga lumayan membantu lohh! Atau bisa juga dengan membuat akronimnya atau singkatannya.. Tapi jangan ampe lupa kepanjangannya yah .. kalo au sih kadang suka lupa ~hehehehe 

4. Drink Enough Fluids

Minum yang banyak itu penting jangan ampe dehidrasi. Dehidrasi itu membuat melemahnya memori kita . Selain air putih, Jus apel juga bisa meningkatkan daya ingat,, apalagi kalo dikasih es, minumnya siang-siang pas panas.. pasti enak banget tuh! ~eh malah ngomongin minuman --v .. Yang perlu dikasih tau juga nih.. HINDARI MINUMAN BERSODA *gag sante* , emang terkadang minuman soda dapat meningkatkan kemampuan otak, tapi cepat juga menghilangkan memori itu. jadi sama aja dong! 

5. Schedule Your Study Time
nah ini paling penting.. buat jadwal kamu belajar.. gag usah selalu malem, siang juga boleh.. itu tergantung waktu belajar yang paling efektif buat kamu.. dan jangan lupa berijeda setiap kamu belajar, supaya gag gampang letih..

6. Sleep Right After Study

Selama tidur, otak menyimpan memori tentang informasi yang baru diperoleh. Jadi sehabis belajar, jangan nonton TV *berkorban dikit gag papa kok*, jangan baca majalah. Langsung tidur aja. Kalo kurang tidur, otak nggak bisa bekerja maksimal, apalagi untuk mengingat-ingat.

7. Exercise Regularly

Berolahragalah! Kenapa? Supaya aliran darah dan okisegen ke otak meningkat dan dapat meningkatkan kosentrasi juga. Sekitar 30-40 menit udah cukup kok!

8. Makan makanan sehat

Jangan sampe, karna saking sibuknya belajar ampe lupa makan.. wah itu jangan ampe. Kalian harus bisa jaga kondisi supaya tetep fit besok pas ujian..
Nah disini Grace punya beberapa daftar makanan yang bisa meningkatkan daya ingat :
  • Ikan : Asam lemak omega-3 bagus banget buat perkembangan fungsi otak. Ikan yang kaya omega-3, terutama salmon dan tuna. Kalo nggak suka ikan, bisa juga diganti dengan suplemen minyak ikan.
  • Kacang : Kacang mempertahankan energi dan kemampuan berpikir *tapi jangan banyak-banyak entar jerawatan loo!*
  • Telur : Telur kaya protein. Kuning telur juga mengandung kolin yang mempertajam daya ingat.
  • Berries : Blueberry, Stawberry, dan Cherry punya antioksidan yang melindungi sel-sel otak dari kerusakan. Bijinya juga kaya omega-3. 
  • Coklat : Milk chocolate meningkatkan memori verbal dan visual, dark chocolate kaya akan flavanol yang melancarkan peredaran darah ke otak.

9. Berdoa 

Jangan lupa berdoa sabelum ujian supaya Tuhan menyertai dan melancarkan segalanya.. 


Oke deh,, Semoga kalian berhasil dalam ujian kalian.. and KEEP FIGHTING! YOU CAN DO IT!


jangan lupa kommen yah!


Sumber: Gogirl! edisi Mei 2011





2 komentar: